Senin, 17 November 2014

Dari Tarbiyah Semua Bermula


   '
       Ada yang mengatakan ia termasuk Assabiqunal Awwalun,namun ada yang mengatakan ia orang yang ke sebelas yang masuk islam. Al Arqom bin Abil Arqom namanya eh,bukan, lebih tepatnya itu adalah julukan dari beliau. Namanya yang asli kita tidak mengetahuinya,entah karena menjaga kerahasiaan dakwah atau menghindari gangguan kaum kafir Quroisy dan lain sebagainya. Tapi yang paling tepat menurut saya adalah karena keikhlasannya. bahkan kita tak mengetahuinya hingga sekarang. 

      Julukan tersebut diambil dari nama halaqoh pertama di muka bumi Darul Arqom. Tempat Rasulullah mentarbiyah para sahabat. Tempat Rasulullah membina kader dakwah pertama. Tempat Rasulullah memulai peradaban dan tempat segalanya bermula. Maka terciptalah jiwa sebening Abu Bakar As Sidiq. Terciptalah jiwa sekeras Umar bin Khattab. Dan jiwa-jiwa haroki pertama di muka bumi.

      Manhaj tersebut terus berlanjut. Hingga kemudian suatu daulah pemersatu muncul ke di peradaban. Ialah dinasti Umayyah atau sebagian menyebutnya dinasti Ummawiyah. Maka dari tarbiyah daulah itu. Tersusunlah mujaddid pertama di zaman Tabi'ut tabi'in. Namanya khalifah Umar bin Abdul Aziz. Khalifah agung di zamannya. Yang suatu ketika amil zakat pemerintahannya membagikan zakat di Afrika Utara,amil tersebut kembali lagi ke Baitul Maal tanpa kurangnya zakat yang dibagikan. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya orang yang ber hak menerima zakat.
 
       Dinasti ummayah

       Zaman terus berlanjut. Daulah mekar dari Spanyol hingga Nusantara. Keamanan merasuk kedaerah yang di naungi islam. Daulah Abbasiyah berkembang menggantikan Daulah Ummawi. Tarbiyah memusat di ibukotanya Baghdad dengan ikon perpustakaan terbesar pada zamannya. Baitul Hikmah namanya. Perpustakaan yang memuat ratusan ribu koleksi buku dari berbagai macam cabang ilmu. Mulai dari ilmu agama hingga eksak. Maka Tarbiyah pada zamannya menciptakan orang sekaliber Imam Al Ghozali hingga penemu konsep pesawat pertama bernama Ibnu Firnas. 

         Tarbiyah terus membina orang-orang terbaik di zamannya. Maka lahirlah Muhammad bin Murad,atau lebih dikenal sebagai Muhammad Al Fatih. Ia membina pasukan terbaik pada zamannya melalui tarbiyah. Jannisary namanya. Konstantinopel di takhlukkan. Sebuah nubuwwat yang di bicarakan Rosulullah tujuh abad sebelumnya terlaksana olehnya

Dari Abu Qubail berkata: Ketika kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu; Konstantinopel atau Rumiyah?
Abdullah meminta kotak dengan lingkaran-lingkaran miliknya. Kemudian dia mengeluarkan kitab. Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah/Roma?
Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu: Konstantinopel.
(HR. Ahmad, ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim).

      Tarbiyah terus terwarisi hingga saat ini. Serta mewarisi peradaban yang terbukti telah menaungi 2/3 dunia. Mewarisi bukti,mewarisi sisa peradaban dan mewarisi harapan. InsyaAllah.
                       

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,”Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya,”Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab,”Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir.” 
(HR Tirmidzi)



Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda,”Dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah-rumah Allah; mereka membaca Kitab Allah dan saling belajar diantara mereka, kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan (para malaikat) di hadapanNya.” 
(HR Muslim)

Tarbiyah memang bukan segalanya,Tapi segalanya berawal dari tarbiyah
(Syahid Hasan Al Banna)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar